Friday, 18 October 2024, 13:18
gaulbebas

gaulislam edisi 885/tahun ke-18 (4 Rabiul Akhir 1446 H/ 7 Oktober 2024)

Bro en Sis, pernah dengar kabar yang bikin dahi berkerut sekaligus bikin hati gemes nggak karuan? Yup, beberapa hari ke belakang ada berita soal hubungan nggak pantas antara murid sama guru. Gurunya laki-laki, muridnya perempuan. Bajigur, ya! Dunia pendidikan yang harusnya jadi tempat belajar ilmu malah tercoreng gara-gara ulah oknum yang kebangetan. Udah nggak ada lagi tuh batasan-batasan yang harusnya dijaga dengan baik. Eh, malah bablas sampai ke ranah yang… hadeuuh, nggak pantes banget! Kamu pasti tahu lah soal ini. Viral banget, tuh.

Ngomongin soal bablas, ini bukan pertama kalinya kita dengar cerita yang bikin nyesek dan sedih. Sebelumnya, sering banget kan lihat atau denger soal pacaran di kalangan remaja? Dari yang mesra-mesraan di pinggir jalan, posting foto bareng pacar di medsos, sampai yang kelewat batas, ada aja. Bahkan yang udah sampai ke pergaulan bebas. Hah? Seriusan? Iya, perzinaan alias zina udah jadi hal yang kayaknya “biasa” aja bagi beberapa orang. Remaja yang harusnya belajar giat malah sibuk baku syahwat. Aduh, kok bisa-bisanya kamu mau habiskan masa muda dengan cara begini? Nggak bahaya, tah?

Kita pasti setuju, guru itu harusnya jadi panutan, ya kan? Tapi kalau panutannya malah ngelakuin hal yang nggak bener, gimana? Ya itu tadi, bukannya ngajarin yang baik-baik, malah ikut jadi bagian dari masalah. Faktanya, kejadian kayak gini nggak cuma sekali dua kali. Makin banyak kasus asusila di kalangan remaja akibat pacaran dan pergaulan bebas ini, termasuk yang melibatkan guru dan murid. Jadinya, bikin kita bertanya-tanya, “Kok bisa, sih?”

Jawabannya simpel. What? Ya, karena nggak ada yang serius menjaga batasan-batasan pergaulan. Batasan dalam Islam soal pergaulan udah jelas, tapi kalau orang-orang nggak mau ngikutin, ya akibatnya kayak gini. Kamu sebagai remaja harusnya lebih waspada dan lebih hati-hati dalam berinteraksi dengan siapa pun, terutama lawan jenis. Biar nggak kebablasan kayak gitu. Ada aturannya dalam Islam. Mestinya udah bisa dipahami sama kita semua.

Pacaran meresahkan

Sobat gaulislam, sekarang kita masuk ke topik yang udah klise dan bikin miris kalo  dibahas: pacaran! Ya ampun, udah kayak nggak ada habisnya, kan? Dari zaman kakek nenek sampe sekarang, pacaran selalu jadi tema panas di kalangan remaja. Tapi tahu nggak, Bro en Sis, pacaran itu sumber dari segala kebablasan yang bikin banyak orang rugi—terutama kamu sendiri. Emang sih, di awal pacaran itu bikin hati berbunga-bunga, senyum-senyum sendiri kayak orang gila. Tapi coba deh pikir panjang, apa kamu yakin pacaran itu jalan yang bener?

Dari yang awalnya cuma jalan bareng, terus pegangan tangan, lanjut peluk-pelukan, eh tahu-tahu… bablas lagi deh. Nggak sedikit yang akhirnya jatuh ke pergaulan bebas alias zina. Mungkin kalian pernah denger cerita tentang pasangan yang awalnya pacaran biasa lalu upload statusnya di medsos, eh ujung-ujungnya malah nyesel karena udah kebablasan. Sakit nggak, tuh? Panik? Jelas banget, sih!

Fakta lainnya, media sosial juga ikut andil dalam merajalelanya budaya pacaran ini. Banyak banget kan konten-konten yang bikin hati tergoda, dan itu jelas meresahkan. Anehnya, justru banyak pihak menganggapnya kalo bisa pacaran adalah keren. Ya, dianggap keren. Padahal, nggak ada keren-kerennya juga, sih. Bikin ribet malah. Udah gitu, dosa pula.

Btw, kalau kamu sering baca buletin gaulislam, pasti udah nggak asing lagi dengan tema-tema seputar pergaulan remaja yang suka kebablasan ini. Dari pertama kali terbit di 29 Oktober 2007 sampai sekarang, rasa-rasanya udah puluhan edisi yang ngebahas masalah kayak gini. Jadi, bisa dibilang, buletin kesayangan kamu ini udah sering banget ngingetin kamu supaya nggak salah langkah dalam bergaul.

Edisi pekan ini juga kebetulan edisi yang spesial banget, karena bentar lagi buletin ini ulang tahun ke-17 pada tanggal 29 Oktober 2024. Wah, udah kayak dewasa aja nih buletinnya! Selama 17 tahun, gaulislam insya Allah nggak capek-capek ngingetin kamu para remaja supaya nggak tergoda sama pergaulan bebas dan tetap istiqamah di jalan yang lurus. Alhamdulillah, pekan ini pula mulai melangkah menapaki tahun penerbitan yang ke-18. Keren banget, kan? Oppss.. muji diri sendiri. Astaghfirullah.

Oya, sekarang kita bahas, kenapa sih pacaran masih aja jadi hal yang digandrungi remaja? Salah satunya, ya gara-gara pengaruh media sosial. Tiap buka aplikasi, pasti aja ada konten tentang pasangan yang kelihatan bahagia, bikin kamu jadi iri, dan akhirnya mikir, “Kayaknya aku juga butuh pacar, deh.” Padahal, konten itu seringnya cuma settingan doang. Relationship yang dipamerin di medsos itu nggak selalu seindah yang kita lihat. Banyak drama di balik layar yang nggak kita tahu.

Selain media sosial, lingkungan sekitar juga jadi faktor utama. Kalau di sekolah atau di rumah nggak ada yang ngingetin soal bahaya pacaran, ya wajar aja kalau banyak yang akhirnya terjebak. Apalagi kalau lihat temen-temen pada pacaran, kamu jadi ngerasa ‘tertinggal’ kalau nggak ikut-ikutan. “Duh, aku jomblo mulu, kapan ya punya pacar kayak mereka?” Eits, slow aja, mblo. Jomblo itu mulia. Pacaran? Hmm, bikin sengsara dan dosa sudah jelas.

Jaga takwa, kontrol sosial, dan negara tegas!

Lantas, gimana dong solusinya? Tenang, Islam udah nyiapin formula yang pas banget buat ngatasi masalah ini. Pertama, mulai dari diri sendiri. Yup, takwa individu itu nomor satu! Kalau kamu udah sadar pentingnya menjaga diri dari hal-hal yang haram, insya Allah bakal lebih mudah buat menjauhi pacaran atau pergaulan bebas. Gimana caranya? Ya, rajin ngaji, dengerin kajian, dan selalu inget bahwa Allah itu selalu ngeliat apa yang kita lakuin.

Dalam Kitab Jami’ul ‘Ulum wal Hikam, hlm. 128, Maimun bin Mihran rahimahullah berkata, “Seseorang mengingat Allah subhanahu wa ta’ala ketika hendak bermaksiat (sehingga menahan diri darinya) itu lebih baik dan lebih utama daripada zikir kepada Allah dengan lisan.”

Maimun bin Mihran ini ngasih tahu kalau inget Allah pas mau maksiat itu lebih keren daripada cuma zikir dengan lisan doang. Lho, kok bisa gitu? Gini nih logikanya, Bro en Sis. Bayangin, kamu lagi scroll Instagram, nemu foto atau video yang nggak pantes. Dilema banget kan? Antara pengen lanjut scroll atau cepet-cepet tutup. Nah, di situ, kalau kamu inget Allah dan langsung menahan diri buat nggak nerusin. Wih, itu luar biasa! Itu tuh kayak juara bertahan dalam hati dan pikiranmu, karena kamu berhasil “ngalahin” hawa nafsu. Keren abis, kan? Soalnya, inget Allah Ta’ala yang bener-bener berfaedah itu ya pas kita lagi diuji, pas kita lagi digoda buat ngelakuin dosa. Kalau cuma zikir pakai mulut, tapi pas dihadapkan sama maksiat malah tancap gas sampe bablas, yaa… itu sih percuma, Bro en Sis. Rugi. Jangan sampe deh!

Masih di kitab yang sama, ulama bernama Abdullah ibnul Mubarak rahimahullah berkata, “Aku mengembalikan uang syubhat satu dirham lebih aku sukai daripada aku bersedekah seratus ribu, kemudian seratus ribu lagi, hingga mencapai sembilan ratus ribu dirham.”

Nah, ini rada mind-blowing alias bikin tercengang. Ya, Abdullah ibnul Mubarak menyampaikan bahwa beliau lebih suka balikin uang haram satu dirham (ya, kira-kira recehan lah, ya) daripada nyumbang ratusan ribu dirham buat sedekah. Waduh, tunggu deh, kok bisa gitu?

Jadi begini, Bro and Sis, maksud beliau adalah lebih penting jaga kehalalan harta kita daripada sibuk sedekah gede-gedean tapi dari uang yang nggak jelas sumbernya. Ibaratnya, kamu habis dapet uang dari hasil judi online, terus sebagian dari uang hasilnya kamu pake buat traktir temen-temen di kantin dan sedekah di masjid sekolah. Ya, secara teknis, kamu baik sih, tapi… ya ampun, Bro, uangnya dari hasil judol, ya jelas haram, lah! Lebih baik balikin satu dirham uang syubhat (yang nggak jelas halal-haramnya) daripada sedekah berjuta-juta, tapi hasilnya haram. Pacaran nguras duit, eh malah digas aja. Udah mah dosa, eh duit ludes pula. Paham kan sekarang? Harus!

Nah, masih di kitab yang sama, ada juga kisah Umar bin Abdul Aziz rahimahullah yang mengatakan, “Takwa itu bukan hanya shalat tahajud dan puasa di siang hari, lalu merusaknya dengan sesuatu di antara keduanya. Akan tetapi, takwa adalah menunaikan kewajiban yang ditentukan oleh Allah dan meninggalkan yang diharamkan oleh-Nya. Jika bersama itu ada amalan, itu adalah kebaikan di atas kebaikan.”

Beliau, Umar bin Abdul Aziz pernah menyampaikan sesuatu yang bikin kita merenung sambil senyum getir. Katanya, takwa itu nggak cuma soal tahajud dan puasa di siang hari, tapi di antara semua itu, kita tetep ngelakuin hal yang nggak bener. Aduh, ketampar nggak tuh? Jadi jangan bangga dulu karena udah tahajud tiap malam, atau puasa Senin-Kamis, tapi… eh, masih suka nge-stalk akun gebetan atau ngomongin orang di belakang.

Takwa itu, kata beliau, yang paling penting adalah menunaikan kewajiban dan ninggalin yang haram. Baru deh, kalau di atas itu kamu bisa nambahin amalan kayak tahajud, puasa sunah, atau sedekah banyak-banyak, itu bonus yang manis banget. Tapi yang utama tetep jangan lupain kewajiban dan jauhi yang haram. Jangan sampai kita jadi “ahli ibadah” di luar karena dilihat banyak orang, tapi di dalam malah tetep nyimpen dosa. Aduh, nggak banget!

Selain itu, kontrol sosial juga penting. Di sini peran keluarga, teman-teman, dan masyarakat sangat besar. Bayangin kalau di lingkungan kamu semua orang pada ngejaga pergaulan, pasti pacaran nggak akan laku. Bikin circle yang sehat dan positif, deh. Kalau temen-temen kamu pada shalih dan shalihah, kamu juga akan terbawa jadi lebih baik. Beneran.

Last but not least alias terakhir tapi nggak kalah penting adalah peran negara yang nggak bisa diabaikan. Negara harus hadir dan tegas dalam menegakkan aturan yang melarang pacaran dan pergaulan bebas. Bukan cuma ngasih tahu, tapi juga memberikan sanksi yang jelas buat yang melanggar. Kalau nggak ada aturan yang tegas, orang-orang akan terus-terusan melakukan hal yang salah tanpa rasa takut. Ya, kayak sekarang ini. Bahaya banget!

Yuk, move on dari pergaulan bebas!

Sobat gaulislam, masa remaja itu cuma sekali. Jangan habisin waktu buat hal-hal yang cuma bikin kamu nyesel di kemudian hari. Pacaran? Ah, itu udah basi. Mending fokus sama masa depan, deh. Nggak ada salahnya kok jadi jomblo. Tentu, selama masa jomblo kamu isi dengan hal-hal yang bermanfaat. Jaga diri dari pergaulan yang salah. Ingat, Allah Ta’ala selalu melihat. Bablas dalam pergaulan bisa jadi malapetaka. Waspadalah. Yuk, balik lagi ke jalan yang benar!

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS al-Isra’ [17]: 32)

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Tidak diragukan lagi bahwa membiarkan para perempuan berbaur dengan laki-laki di suatu tempat merupakan sumber bencana dan kejelekan.

Hal tersebut juga termasuk (salah satu) sebab terbesar turunnya hukuman (azab) yang merata, sebagaimana hal itu juga penyebab banyak kerusakan dalam banyak perkara, baik umum maupun khusus.

Berbaurnya laki-laki dan perempuan merupakan sebab terjadinya banyak fahisyah (perbuatan keji) dan perzinaan. Padahal, perzinaan merupakan sebab (terjadinya) kematian massal dan timbulnya wabah penyakit tha’un yang tak kunjung henti.

Dahulu, ketika para pelacur berbaur dengan pasukan Nabi Musa sehingga menyebabkan fahisyah (perbuatan keji) tersebar di antara mereka, Allah mengirim kepada mereka wabah penyakit tha’un yang menyebabkan tewasnya tujuh puluh ribu orang dalam sehari. Kisah ini sudah masyhur disebutkan dalam kitab-kitab tafsir.

Itu sebabnya, termasuk (di antara) sebab terbesar kematian massal adalah banyaknya perzinaan yang disebabkan (suatu kaum) membiarkan para perempuan berbaur dengan para laki-laki dan membiarkan para perempuan berjalan di antara laki-laki dalam keadaan berhias/bersolek dan berdandan.

Kalau seandainya para penguasa (pemerintah) mengetahui efek negatif dari berbaurnya perempuan dan laki-laki berupa kerusakan urusan dunia dan rakyat –belum termasuk kerusakan yang utama, yakni urusan agama–tentu mereka akan sangat keras melarang perbuatan tersebut.

Sahabat Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata , “Apabila perbuatan zina telah tampak terang-terangan tersebar di suatu negeri, berarti Allah telah mengizinkan kehancuran negeri tersebut.” (dalam ath-Thuruq al-Hukmiyyah Fi as-Siyasah asy-Syar’iyyah, hlm. 724)

Nah, masa depan kamu ada di tanganmu sendiri. Mau selamat? Ya, jauhi pacaran dan pergaulan bebas! Jangan bablas! Keep it halal, Bro en Sis! [O. Solihin | TikTok: @osolihin_]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *