Wednesday, 23 October 2024, 01:38
201509161345626_b

gaulislam edisi 886/tahun ke-18 (11 Rabiul Akhir 1446 H/ 14 Oktober 2024)

Kadang tuh, saya suka sedih ngelihat kondisi sebagian teman-teman kita, remaja zaman now. Terutama soal sikap peduli. Jangankan buat mikirin hal-hal yang jauh di sana (semisal saudara sesama muslim di Palestina atau di belahan negeri lainnya)—urusan yang literally di depan mata aja sering banget di-skip. Contohnya, tetangganya mau kelaparan kek, kekenyangan kek, ya bodo amat! Temannya nggak datang ke sekolah? Nggak masuk hitungan. Temannya sakit atau mager? Itu urusan sekolah ama ortunya, bukan urusan dia. Temannya sakit or sehat, nggak ada urusan. “Capek-capek mikirin, nggak ada untungnya,” mungkin itu yang dipikirin. Giliran diingatkan, malah ketus, “Emangnya gue pikirin?”

Nah, sikap cuek level awan ini bukan cuma sebatas situasi sehari-hari aja, tapi lanjut terus, Bro en Sis. Kalau masalah yang udah di level mata nyolok aja diabaikan, apalagi masalah-masalah yang jauh kayak di belahan bumi lain sana, udah pasti nggak dianggap. Pikirannya gini: “Bodo amat deh, orang-orang di luar negeri sana mau kelaparan kek, mau perang kek, gue nggak peduli. Yang penting gue hepi, hidup tenang, nggak repotin orang. Gue suka, gue lakuin, sesimple itu. Jangan ada yang berani ceramah depan gue deh, emangnya gue pikirin?” Hedeuuh.

Sobat gaulislam, kalo kamu mau senang-senang ngelakuin hal-hal yang bikin kamu bahagia, boleh-boleh aja kok. Nggak ada yang ngelarang. Asal nggak lupa daratan aja. Tapi, pasti ada dong momen di mana kita perlu mikirin orang lain juga. Nggak melulu mikirin diri sendiri. Ada kalanya kita nyempetin diri buat bantu teman, biar nggak jadi raja cuek sedunia. Peduli itu keren, serius!

Soalnya, sikap cuek ini udah kayak virus, makin hari makin menjamur di kalangan remaja. Mungkin di sekolahmu ada tuh yang kayak gini. Contoh, kamu nggak ngerti pelajaran, terus minta bantuan teman yang jago, tapi apa yang terjadi? Temanmu malah bilang, “Bodo amat! Usaha sendiri dong!” Duh, nyebelin kan? Pasti bikin hati kita meledak!

Tapi itu masih level medium. Ada lagi yang lebih nyebelin, kalau kita ingetin teman soal hal-hal penting, kayak soal pacaran misalnya. Pacarannya udah level hot banget, terus kita ingetin supaya nggak bablas, eh dia malah sewot. “Apa pedulimu? Urus aja hidup lo sendiri! Jangan cerewet bawa-bawa dalil segala di depan gue. Gue nggak peduli! Emangnya gue pikirin?” Ugh! Parah banget, kan?

Ditegur malah ngamuk. Dinasihati malah baper level maksimal. Padahal, kita negur tuh karena peduli. Ini tanda sayang, Bro en Sis! Tapi kok balasannya pahit? Mungkin mereka ngerasa udah paling benar, atau ya hawa nafsu udah jadi komando. Buat mereka, sikap cuek itu jurus pamungkas buat ngelawan siapa pun yang “sok ikut campur” dalam urusan hidup mereka. Padahal, bedain mana teman yang mau bantu, mana yang ikut campur, penting banget! Hmm… perlu banyak belajar nih, biar wawasannya nggak cetek.

Oya, kalo mau dewasa, kita harus mulai belajar tenang dan bijak. Jangan keburu nge-judge kalau ada yang kasih nasihat atau teguran. Nggak semua yang ngasih saran itu musuh kok. Jangan juga mikir cuma karena kita lebih senior, lebih pintar, atau lebih luas wawasannya, sehingga menganggap semua yang negur kita tuh otomatis salah. Nasihat tuh bisa datang dari siapa aja, bahkan dari orang yang status sosialnya kita anggap di bawah kita.

Intinya, kalau ada yang ngasih saran atau kritik, jangan langsung ngomel. Tenang dulu, resapi. Siapa tahu emang dia bener. Kalo iya, terima aja. Nggak usah gengsi. Yang penting, jangan langsung reaktif pake jurus andalan, “Emangnya gue pikirin!”

Pokoknya, be chill, open-minded, dan jangan jadi si Raja Cuek, deh.

Kenali diri, lalu berbagi peran

Sobat gaulislam, saya pernah menulis soal ini belasan tahun lalu, nah sekarang saya permak dikit bahasanya. Nah, omong-omong soal pengenalan diri, sebenarnya perlu ada pertanyaan, nih: “Siapa sih kita?” Eh, jangan remehkan pertanyaan ini, ya. Kedengarannya emang sederhana, tapi jawabnya bisa bikin kepala muter. Kalau kita bisa jujur sama diri sendiri, dijamin deh kita juga bisa jujur ke orang lain, plus lebih ngerti gimana cara mereka mikir. Knowing yourself itu penting, biar nggak jadi orang yang “lupa daratan” dan bisa tahu gimana posisinya di antara manusia lain.

Satu hal yang udah pasti, kita ini manusia, Bro en Sis. Beneran, manusia itu punya kelemahan. Bukan robot atau superman. Kalo kita sadar kita sama-sama manusia, ngomongnya jadi nyambung, nggak perlu sok-sok pakai bahasa alien. Eh, emang ada?

Mulai dari sini, coba deh kenalan sama diri sendiri. Ambil contoh sederhana: mata kita. Ya, kita punya dua biji mata yang letaknya di kepala. Untungnya nih, Allah Ta’ala naro mata di situ, bukan di jempol kaki. Bayangin kalo mata ada di jempol, jalan dikit ketendang batu, pingsan deh! Trus, gimana kalo di jari telunjuk? Wah, mungkin enak sih buat ngintip sambil acungin jari kayak periskop kapal selam. Tapi entar ribet juga kalo harus ngupil atau nyocol sambal—jadi pedih nggak karuan!

Nah, selain mata buat ngelihat, di kepala kita juga ada telinga (buat dengerin obrolan orang), hidung (buat nyium wangi—dan kadang bau juga), dan lidah (buat ngerasain makanan yang pedas sampe bikin keringetan). Semua itu diciptain dengan desain yang on point. Bayangin kalo hidung dipasang di punggung? Duh, repot banget buat ngendus makanan enak!

Selain panca indera, kita juga punya perasaan! Whoa, perasaan tuh walaupun nggak kelihatan, tapi nyatanya ada, loh. Kita bisa sayang, cinta, marah, kesal, kecewa, dan lain-lain. Makanya, kalo kita udah kenal sama diri sendiri, kita bakal lebih care buat jaga-jaga. Nggak mungkin kan, tangan kita dipake buat nyemplung ke air panas cuma karena penasaran?

Nah, kalo kita udah ngerti fisik kita, apalagi perasaan kita, pasti bakal lebih aware sama orang lain. Orang lain kan juga manusia, Bro en Sis. Nggak beda jauh sama kita, mereka juga punya kelemahan dan kelebihan. Jadi, kalo kita udah paham diri sendiri, kita bakal lebih easy going buat kerjasama sama orang lain, saling bantu, saling ngingetin, pokoknya teamwork makes the dream work, Bro en Sis!

Terus, kenapa sih kita harus kerjasama sama orang lain? Ya karena kita nggak sempurna! Mata kita aja cuma bisa lihat jarak tertentu, tapi kalo kita kolaborasi sama orang yang jago ngelihat jauh, misalnya, kita jadi bisa nge-cover semuanya! Atau mungkin kita lagi zonk di satu hal, tapi teman kita bisa bantu. Jadi, intinya sharing is caring, dan kita semua butuh satu sama lain.

Kalo kita ditegur sama teman, misalnya karena kelupaan sesuatu, itu tandanya doi peduli. Jangan langsung defense mode on, kayak, “Eh, emangnya gue pikirin?!” Santai, jangan baper. Teguran itu tanda sayang. Mungkin doi juga nggak sempurna, tapi itulah serunya. Kita sama-sama belajar menuju kebaikan.

Kata Kahlil Gibran: “Engkau buta, sedangkan aku bisu tuli. Jadi mari berpegangan agar mengerti.” Dalem, kan? Jadi, dari mengenal diri kita sendiri, kita belajar menghargai kekurangan dan kelebihan orang lain. Kerjasama itu keren, saling ngingetin itu mantul banget!

Terus kalo ada teman yang cuek, apalagi yang suka bilang, “Emangnya gue pikirin!” wah, pasti rasanya tuh nyesek, kayak makan cabai rawit tapi lupa bawa minum. Kita udah berharap banget doi bantu, tapi malah dicuekin. Heartbreak level 9999.

Nggak ada untungnya sombong, Bro en Sis. Ujub, ngerasa udah paling bener, dan ngegampangin kesalahan orang lain bisa jadi jebakan maut. Salah satu ulama, Ibnu Harist al-Hafi, bilang bahwa ujub itu muncul ketika kita ngerasa amal kita lebih banyak daripada amal orang lain. Duh, jangan sampe kita terjebak di situ!

Syaikh Fudhail bin Iyadh, salah satu guru Imam Syafi’i, menjelaskan bahwa iblis akan menang melawan bani Adam, hanya dengan menjadikan manusia memiliki satu dari tiga perilaku, yaitu: Pertama, ujubnya seseorang terhadap dirinya (sombong). Kedua, menganggap banyak amal yang telah dilakukannya. Ketiga, melupakan dosa-dosanya. Hmm… jadi kayaknya kita kudu ati-ati banget kalo udah merasa paling oke ketimbang yang lain. Sehingga kalo diingetin or dinasihatin kita cuek aja dan menganggap yang ngasih nasihat tuh nggak ada apa-apanya dibanding kita.

Suatu hari Lukman al-Hakim menasihati anaknya: “Janganlah engkau palingkan wajahmu dari manusia dan jangan menjauhkan diri dari mereka. Janganlah engkau memandang manusia dengan remeh dan hina. Janganlah engkau bergaul dengan orang-orang yang hasad, dengki, dan sombong. Hiduplah engkau bersama manusia dan untuk manusia. Dengarlah dengan teliti jika manusia berbicara dan bergaul denganmu. Tunjukkanlah kepada mereka wajah manis, riang, dan gembira. Senantiasa kamu melemparkan senyum kepada mereka. Jika engkau selalu bersama mereka, mereka akan mencintaimu. Senyum selalu, dan berlemah lembutlah kepada mereka. Jika engkau merendah diri terhadap mereka, mereka akan memuliakan kamu. Ketahuilah wahai anakku, bahwa orang sombong itu tak ubahnya seperti seorang yang berdiri di puncak bukit. Apabila dia melihat ke bawah, semua manusia kelihatan kecil, sedangkan dia sendiri nampak kecil di mata semua manusia lainnya.”(dalam Mutiara Nasihat Lukman al-Hakim, karya Dr. Fathullah al-Hafnawi, hlm. 84-85)

Sobat gaulislam, simpel aja deh. Inget, kita semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan malu buat minta bantuan, dan jangan pelit buat ngasih bantuan kalo bisa. Hargai teguran, jangan langsung ngeluarin jurus andalan: “Emangnya gue pikirin!”

Yuk, mulai kenali diri sendiri lebih baik, dan hargai orang lain dengan segala uniqueness-nya. Jangan cuek, apalagi sombong. Karena pada akhirnya, kita semua butuh satu sama lain. Jangan sampe nggak peduli bin egois. Cuma mentingin diri sendiri. Nggak banget, deh! [O. Solihin | TikTok @osolihin_]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *